Jumat, 08 Januari 2010

HAMSTER MEMAKAN ANAKNYA SENDIRI

20 Nopember 2009 Charly beranak 9 ekor. Dua ekor Bayi hamster yang kecil dan tidak berdaya itu dimakan sendiri oleh induknya ketika masih umur 5 hari. Entah apa sebabnya kami sendiri kurang faham, tetapi menurut literatur yang saya baca ada beberapa sebab hamster memakan anaknya sendiri : dia lapar, dia panas, dia stress, dia sensitif terhadap bau tangan orang yang dimasukkan ke kandang, dia sakit dan merasa tidak sanggup memelihara anak-anak nya.

Menyaksikan kejadian ini istri saya yang setiap hari merawat mereka jadi marah Charly di pukul kepalanya, maksudnya supaya takut dan tidak memakan anaknya. Eh sbentar kemudian tanpa sepengetahuan istriku ternyata Charly memakan lagi anaknya satu ekor lagi, jadi dalam satu hari itu Charly memakan anaknya sediri tiga ekor.
Kesimpulan sementara Charly marah, istri saya memasukkan tangan ke kandang waktu memberi makan, atau kondisi Charly kurang sehat karena badannya terlihat kurus, dan anaknya kurus kecil seperti kurang sehat. Saya bilang pada istri kalau memberi makan tidak usah memasukkan tangan ke dalam kandang, jatuhkan saja dari atas kandang asal tidak mengenai Hamster, kandang tidak pernah dibersihkan sampai anak-anak hamster itu berumur 15 hari.

Kini Anak Charly tinggal 8 ekor bulunya mulai tumbuh agak tebal, warna bulunya abu-abu putih, matanya merah persis induknya. Tanggal 20 Desember 2009 nanti mereka sudah umur 1 bulan tibalah waktunya dipisah dengan induknya. Entah kenapa pertumbuhan anak Charly tidak sepesat anak Hiput dan Momo, walau dari hari kehari tetap ada perkembangan.

Saat ini induknya masih menyusui, tidak lagi protek berlebihan, sering anaknya dibiarkan berlatih mandiri, makan sendiri, mulai latihan berkelai dengan saudaranya, mungkin seminggu lagi mereka juga akan disapih oleh induknya, ini berarti harus di jadikan satu dengan anaknya Momo dan Hiput sehingga satu kandang kaca berukuran 60 x 30 x 30 Cm itu akan berisi bayi hamster 19 ekor. Dan kandang kaca ukuran 30x30x30 cm satunya ditempati tiga ekor induk menunggu penggemukan libur setelah melahirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar