Selasa, 12 Januari 2010

AKIBAT PERKAWINAN DINI

Hamster piaraan kami dari tiga induk beranak dalam waktu yang hampir bersamaan seperti telah yang saya ceritakan sebelumnya. Anak-anak hamster itu sebanyak 19 ekor dijadikan dalam satu kandang setelah dipisah dari induknya. Jantannya ada 11 ekor dan betinanya 8 ekor sekarang umurnya baru 2 bulan ada yang masih kurang dari dua bulan

Salah satu dari mereka ternyata telah menghamili betinanya, dan tanpa sepengatuhan kami tahu-tahu tanggal 11 Januari 2010 MIMY (lahir 12 Nop 2009) anaknya MOMO beranak 2 ekor. Tetapi yang satu ekor dimakan oleh EMON /DEMBLOK saudara kembar MIMY anaknya MOMO juga sambil dikerubungi hamster yang yainnya dikandang itu. Untung anak saya Lina tahu dan panggil-pangil ”pak anaknya MOMO beranak anaknya dimakan oleh Demblok.

Langsung sekat kandangnya saya pasang untuk memisahkan MIMY dengan yang lainnya. Terus untuk menjaga agar tidak terjadi perkawinan dini antar mereka semua yang jantan saya pisahkan kekandang lain, yang betina dikandang lain juga. Ternyata si MIMIN juga menunjukkan tanda tanda telah hamil juga, lalu saya sendirikan dikandang tersendiri juga takut sewaktu waktu beranak anaknya dimakan yang lain.

Akibat perkawinan dini ini kini MIMY sebagai induk kelihatan kurang perhatian dengan anaknya yang tinggal satu-satunya itu. Dia tidak tidur dengan anaknya tidak kelihatan mau menyusui anaknya dibiarkan anaknya sendirian, tetapi sampai umur dua hari ini masih hidup walau kurang kasih sayang dan perhatian dari induknya.

Intinya bila anak hamster sudah berumur 1 bulan harus dipisah dari induknya, kemudian pisahkan juga menurut jenis kelaminnya jantan sendiri, betina sendiri jangan dicampur dalam satu kandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar